Saturday, November 29, 2014

Inspirasi - Kebaikan untuk Diri Sendiri

Alkisah, seorang raja yang haus akan kebaikan untuk dirinya sendiri. Ia menuntut kepada rakyatnya agar mereka selalu berbuat baik kepadanya. Raja ini selalu mendapat kebaikan dari semua orang tetapi tidak pernah melakukan kebaikan pada orang lain.

Raja merasa bahwa ia tidak perlu melakukan kebaikan, karena dirinya adalah seorang raja yang mempunyai hak untuk mengatur kehidupan orang lain. Suatu saat ia mengalami gangguan kesehatan dan membutuhkan bantuan ahli medis dari negara lain.

Ada satu ahli medis yang begitu terkenal, namun ia tidak mau membantu kesembuhan raja tersebut. Saat ditanya alasannya, ahli medis itu menjawab, "Saya dulu adalah bagian dari rakyatnya. Saya dulu sangat miskin namun ingin terus menuntut ilmu. Saya meminta belas kasihan kepada raja agar saya bisa terus melanjutkan sekolah. Namun, semuanya sia-sia. Saya memutuskan untuk pergi dari daerah ini dan mencari belas kasihan di tempat lain. Dan sekarang, saya tidak ingin membantunya, sama seperti apa yang telah Raja itu lakukan kepada saya."

Sesungguhnya kebaikan itu akan berputar. Ketika kita berbuat baik hari ini, maka kita juga akan mendapatkan kebaikan di kemudian hari. Tuhan mengajarkan bahwa kita harus saling berbuat baik dan mengasihi satu sama lain. Jangan pernah menyimpan kebaikan yang seharusnya didapat orang lain, karena itu akan merugikan diri sendiri.

No comments:

Post a Comment